Java Basic
Java adalah
sebuah bahasa pemograman yang bersifat OOP atau kata lainnya adalah Object
Oriented Programming dimana didalamnya kita harus memahami apa yang
disebut dengan :
- Encapsulation
- Inheritance
- Polymorphisme
Dalam java
ada type-type variable, sebagai berikut :
- byte
- short
- int
- long
- float
- double
- char
- String
- Boolean
Contoh awt
import
java.awt.Container;
public class
assesment extends JFrame {
public static void main (String
[]args){
assesment t =
new assesment();
}
private Object contentPane;
public assesment() {
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setSize(240,
200);
contentPane =
new JPanel();
setLayout(null);
JButton btn =
new JButton("haha");
btn.setBounds(110,
120, 91, 50);
add(btn);
JLabel lbl = new
JLabel("ada");
lbl.setBounds(140,
70, 91, 60);
add(lbl);
setVisible(true);
}
}
Contoh swing
import javax.swing.JButton;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JLabel;
import javax.swing.JPanel;
import javax.swing.JTextField;
import javax.swing.border.EmptyBorder;
public class test extends JFrame {
public
static void main(String[] args){
test
t = new test();
}
private
JPanel contentPane;
private
JFrame frame;
public
test() {
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setSize(500,
400);
contentPane
= new JPanel();
setContentPane(contentPane);
contentPane.setLayout(null);
JButton
btnNewButton = new JButton("New button");
btnNewButton.setBounds(280,
162, 91, 23);
add(btnNewButton);
JTextField
txtNewTextField = new JTextField();
txtNewTextField.setBounds(210,
120, 50, 30);
add(txtNewTextField);
JLabel
lblNewLabel = new JLabel ("huy");
lblNewLabel.setBounds(230,
200, 50, 30);
add(lblNewLabel);
setVisible(true);
}
}
Nah sekarang saya akan memberikan tip untuk memperindah
tampilannya. Yaitu menggunakan
UiManager : NimbuslookAndFeel pada constructor. Di sini
saya mencontohkan menggunakan editor netbeans.
Nah untuk membuat ini di netbeans saya hanya menggunakan
drag end drop. Untuk memperindah tampilannya tambahkan source code yang telah
saya tandai
public Login() {
try{
UIManager.setLookAndFeel("com.sun.java.swing.plaf.nimbus.NimbusLookAndFeel");
}catch (Exception ex) {
System.out.print("pesan eror =
" + ex.getMessage());
}
initComponents();
sekarang kita memasuki
event handler di java.
Di editor java seperti eclipse dan netbeans. Terdapat
beberapa event handler. Seperti mouse, key, dan menu. Sebenernya masih banyak.
Tapi saya kira temen – temen bisa mencarinya sendiri.
Di sini saya akan mencontohkan mouse clicked, yang
artinya perintah akan di eksekusi setelah kita mengklik menu yang ada lalu kita
melepas klik itu.
Di sini juga saya akan mencontohkan menu login
import java.awt.FlowLayout;
import java.awt.event.ActionEvent;
import java.awt.event.ActionListener;
import java.awt.event.MouseAdapter;
import java.awt.event.MouseEvent;
import javax.swing.JButton;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JLabel;
import javax.swing.JOptionPane;
import javax.swing.JPasswordField;
import javax.swing.JTextField;
public class menuLOGIN {
public
static void main (String[]args){
JFrame
frame = new JFrame ("kurbai");
frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
frame.setLayout(new
FlowLayout());
frame.setSize(400,
400);
frame.setLocationRelativeTo(null);
JLabel
username = new JLabel("Name");
final
JTextField textuser = new JTextField(20);
JLabel
password = new JLabel("Password");
final
JPasswordField pass = new JPasswordField(20);
JButton
button = new JButton("OK");
button.addActionListener(new
ActionListener() {
@Override
public
void actionPerformed(ActionEvent arg0) {
//
TODO Auto-generated method stub
String
password = pass.getText();
String
username = textuser.getText();
if
(password.equals("go")&& username.equals("go"))
{
JOptionPane.showMessageDialog(null,
"selamat datang.... masuk dah ke kalkulator!");
}
else
{
JOptionPane.showMessageDialog(null,
"Password Salah!");
}
}
});
frame.setVisible(true);
frame.add(username);
frame.add(textuser);
frame.add(password);
frame.add(pass);
frame.add(button);
}
}
Nah setelah kita mengisi
password dan usernamenya, lalu kita mengklik
button ok. Maka setelah kita melepas klik pada button perintah akan di
eksekusi,
Mengkoneksikan java dengan MySql
1.pertama koneksi JDBC dulu.
mengaktifkan driver JDBC
class.forName("com.mysql.jdbc.driver");
atau jika telah seting
path-nya, bisa langsung dengan perintah;
class.forname("jdbc.Driver");
2.koneksi dengan java dan MySqlnya
Membuat Koneksi
langkah selanjutnya yaitu
melakukan koneksi ke database,
connection con =
DriverManager.getConnection(url, usr, pwd);
contoh
Connection con =
DriverManager.getConnection
("jdbc:mysql://localhost/mhs",
"root", "");
contoh lengkap
class KoneksiMysql{
String url, usr, pwd, dbn;
dbn = "mahasisswa";
url=
"jdbc:mysql://localhost/" + dbn;
usr = "root";
pwd = "";
public Connection
getConnection(){
Connection con = null;
try{
Class.forName("com.mysql.jdbc.Driver");
con =
DriverManager.getConnection(url, usr, pwd);
}catch (ClassNotFoundException
e) {
System.out.println("Error
#1 : " + e.getMessage());
System.exit(0);
}catch (SQLException e) {
System.out.println("Error
#2 : " + e.getMessage());
System.exit(0);
}
return con;
}
}
kesan kesan belajar pemrograman visual
Komentar
Posting Komentar