Langsung ke konten utama

tubes Pemrograman visual


Java Basic
Java adalah sebuah bahasa pemograman yang bersifat OOP atau kata lainnya adalah Object Oriented  Programming dimana didalamnya kita harus memahami apa yang disebut dengan : 
  • Encapsulation
  • Inheritance
  • Polymorphisme
Dalam java ada type-type variable, sebagai berikut : 
  • byte
  • short
  • int
  • long
  • float
  • double
  • char
  • String
  • Boolean
Contoh awt


import java.awt.Container;

public class assesment extends JFrame {
               
                public static void main (String []args){
               
                                assesment t = new assesment();
                               
                }

                private Object contentPane;
               
                public assesment() {
                                setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
                                setSize(240, 200);
                                contentPane = new JPanel();
                                setLayout(null);
                               
                                JButton btn = new JButton("haha");
                                btn.setBounds(110, 120, 91, 50);
                                add(btn);
                               
                                JLabel lbl = new JLabel("ada");
                                lbl.setBounds(140, 70, 91, 60);
                                add(lbl);
                               
setVisible(true);                              
                }

}

Contoh swing

import javax.swing.JButton;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JLabel;
import javax.swing.JPanel;
import javax.swing.JTextField;
import javax.swing.border.EmptyBorder;


public class test extends JFrame {

                public static void main(String[] args){
                                test t = new test();
                               
                }
                                private JPanel contentPane;
                                private JFrame frame;

                                public test() {
                                                setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
                                                setSize(500, 400);
                                                contentPane = new JPanel();
                                                setContentPane(contentPane);
                                                contentPane.setLayout(null);

                                                JButton btnNewButton = new JButton("New button");
                                                btnNewButton.setBounds(280, 162, 91, 23);
                                                add(btnNewButton);
                                               
                                                JTextField txtNewTextField = new JTextField();
                                                txtNewTextField.setBounds(210, 120, 50, 30);
                                                add(txtNewTextField);
                                               
                                                JLabel lblNewLabel = new JLabel ("huy");
                                                lblNewLabel.setBounds(230, 200, 50, 30);
                                                add(lblNewLabel);
                                               
                                                  setVisible(true);
                                                 
                                }
                }

Nah sekarang saya akan memberikan tip untuk memperindah tampilannya. Yaitu menggunakan
UiManager : NimbuslookAndFeel pada constructor. Di sini saya mencontohkan menggunakan editor netbeans.

Nah untuk membuat ini di netbeans saya hanya menggunakan drag end drop. Untuk memperindah tampilannya tambahkan source code yang telah saya tandai
public Login() {
try{
           UIManager.setLookAndFeel("com.sun.java.swing.plaf.nimbus.NimbusLookAndFeel");
        }catch (Exception ex) {
            System.out.print("pesan eror = " + ex.getMessage());
        }
        initComponents();
sekarang kita memasuki  event handler di java.
Di editor java seperti eclipse dan netbeans. Terdapat beberapa event handler. Seperti mouse, key, dan menu. Sebenernya masih banyak. Tapi saya kira temen – temen bisa mencarinya sendiri.
Di sini saya akan mencontohkan mouse clicked, yang artinya perintah akan di eksekusi setelah kita mengklik menu yang ada lalu kita melepas klik itu.
Di sini juga saya akan mencontohkan menu login



import java.awt.FlowLayout;
import java.awt.event.ActionEvent;
import java.awt.event.ActionListener;
import java.awt.event.MouseAdapter;
import java.awt.event.MouseEvent;

import javax.swing.JButton;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JLabel;
import javax.swing.JOptionPane;
import javax.swing.JPasswordField;
import javax.swing.JTextField;


public class menuLOGIN {

                public static void main (String[]args){
                               
                                JFrame frame = new JFrame ("kurbai");
                                frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
                                frame.setLayout(new FlowLayout());
                                frame.setSize(400, 400);
                                frame.setLocationRelativeTo(null);
                               
                               
                                JLabel username = new JLabel("Name");
                                final JTextField textuser = new JTextField(20);
                               
                                JLabel password = new JLabel("Password");
                                final JPasswordField pass = new JPasswordField(20);
                               
                                JButton button = new JButton("OK");
                                button.addActionListener(new ActionListener() {

                                                @Override
                                                public void actionPerformed(ActionEvent arg0) {
                                                                // TODO Auto-generated method stub
                                                                String password = pass.getText();
                                                                String username = textuser.getText();
                                                               
                                                                if (password.equals("go")&& username.equals("go"))
                                                                {                                             
                                                                                JOptionPane.showMessageDialog(null, "selamat datang.... masuk dah ke kalkulator!");
                                                                                               
                                                                }
                                                                else
                                                                {
                                                                                JOptionPane.showMessageDialog(null, "Password Salah!");
                                                                }
                                                               
                }
});
                               
                               
                                frame.setVisible(true);
                               
                                frame.add(username);
                                frame.add(textuser);
                                frame.add(password);
                                frame.add(pass);
                                frame.add(button);
                               
                }
}
Nah setelah kita mengisi password dan usernamenya, lalu kita mengklik  button ok. Maka setelah kita melepas klik pada button perintah akan di eksekusi,






Mengkoneksikan java dengan MySql

1.pertama koneksi JDBC dulu.
mengaktifkan driver JDBC
class.forName("com.mysql.jdbc.driver");
atau jika telah seting path-nya, bisa langsung dengan perintah;
class.forname("jdbc.Driver");

2.koneksi dengan java dan MySqlnya
Membuat Koneksi
langkah selanjutnya yaitu melakukan koneksi ke database,
connection con = DriverManager.getConnection(url, usr, pwd);

contoh
Connection con = DriverManager.getConnection
("jdbc:mysql://localhost/mhs", "root", "");

contoh lengkap

class KoneksiMysql{
String url, usr, pwd, dbn;

dbn = "mahasisswa";
url= "jdbc:mysql://localhost/" + dbn;
usr = "root";
pwd = "";

public Connection getConnection(){
Connection con = null;
try{
Class.forName("com.mysql.jdbc.Driver");
con = DriverManager.getConnection(url, usr, pwd);

}catch (ClassNotFoundException e) {
System.out.println("Error #1 : " + e.getMessage());
System.exit(0);

}catch (SQLException e) {
System.out.println("Error #2 : " + e.getMessage());
System.exit(0);

}
return con;
}
}

kesan kesan belajar pemrograman visual
jujur dulu saya sama sekali tidak suka yang namanya pemrograman, pusing, harus hafal source code, terus tampilannya juga cuma hitam putih, dan memang dulu saya pernah sempat berfikiran pemrograman itu benar-benar pelajaran yang tidak menarik, tapi di pemrograman visual ini saya mulai merasakan serunya. di sini saya mulai belajar mengunakan editor, jadi saya bisa berkreasi juga dengan imajinasi saya, yah kalo source codenya masih tetep tanya sana sini, yah namanya juga masih belajar. tapi dari situ saya mulai ada kemauan. dengan hasil peminatan yang lebih cenderung ke software development, dan aplikasi desktop. saya berharap saya bisa belajar banyak dari pelajaran ini. makasih buat pa barja yang udah mengajarkan saya dengan sabar.  pemrograman visual adalah pelajaran paling menantang di selalam saya kuliah.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Printer adalah sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer dan berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet. . Jenis Printer Dot Matrik jenis printer Dot Metrik merupakan printer yang metode pencetakannya menggunakan pita. Cetakan yang dihasilkan terlihat seperti titik titik yang saling mengubungkan satu dengan yang lainnya, sehingga hasil cetakan kurang halus dan juga kurang bagus. menurut sejarahnya jenis printer dot metrix ini pada awalnya menggunakan 9 Pin yang artinya dalam satu huruf akan dicetak dengan kombinasi dari 9 titik, kemudian semakin berkembang menjadi 24 pin dan tentunya dengan begitu hasil cetakan akan lebih halus. produsen printer jenis dot metrix yang cukup terkenal adalah Epson, dengan produknya Epson LX – 300, espson LX 800 dan lain-lain. Jenis Ink Jet Jen...